• L3

About Happiness and Sadness

Laporan Pendahuluan Percobaan IV Mikroprosesor

Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan potensiometer.
jawab:
Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel.Jika hanya dua terminal yang digunakan (salah satu terminal tetap dan terminal geser), potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat. Potensiometer biasanya digunakan untuk mengendalikan peranti elektronik seperti pengendali suara pada penguat. Potensiometer yang dioperasikan oleh suatu mekanisme dapat digunakan sebagai transduser, misalnya sebagai sensor joystick.

2. Sebutkan fungsi dari potensiometer.

jawab:
  1. Sebagai kontrol nada atau equalizer dalam penggunaan kombinasi dan jaringan filter, sebelumnya untuk televisi dipergunakan untuk mengontrol kecerahan gambar, kontras, dan respon warna. 
  2. Untuk mengatur "menahan vertikal", yang mempengaruhi sinkronisasi antara menyapu sirkuit internal penerima (kadang-kadang multivibrator a) dan sinyal gambar yang diterima 
  3. Sebagai bagian dari transduser perpindahan karena kesederhanaan konstruksi dan karena mereka dapat memberikan sinyal keluaran yang besar 
  4. Untuk komputasi Dalam komputer analog, potensiometer presisi tinggi digunakan untuk skala hasil antara oleh faktor konstan yang diinginkan, atau untuk mengatur kondisi awal untuk perhitungan 
  5. Sebuah potensiometer bermotor dapat digunakan sebagai generator fungsi, menggunakan kartu perlawanan non-linear untuk memasok aproksimasi untuk fungsi trigonometri. Sebagai contoh, putaran poros mungkin mewakili sudut, dan rasio pembagian tegangan dapat dibuat sebanding dengan cosinus sudut.
3. Sebutkan macam-macam jenis Petensiometer yang anda ketahui, tulislah penjelasannya.
jawab:
  1. Potensiometer putar yang sering disebut potensiometer String. Potensiometer Ini adalah multi-turn potensiometer dioperasikan oleh reel yang terpasang kawat berbalik melawan pegas. Hal ini digunakan sebagai transduser posisi. 
  2. Potensiometer linier slider, potensiometer ini sebagai mengatur fungsi kontrol didalam sebuah elektronik bukan kontrol dial yang terdapat pada komponen alat potensiometer. Dan Elemen resistifnya strip persegi panjang, tidak setengah lingkaran seperti pada potensiometer putar. Karena slot pembukaan besar atau wiper, potensiometer jenis ini memiliki potensi yang lebih besar untuk mendapatkan terkontaminasi.Potensiometer dapat diperoleh dengan baik hubungan linier atau logaritmik antara posisi slider dan ketahanan (potensiometer hukum atau "kemiringan"). Sebuah kode huruf ("A" lancip, "B" lancip, dll) dapat digunakan untuk mengidentifikasi meruncing dimaksudkan, tetapi definisi surat kode bervariasi dari waktu ke waktu dan antara produsen.
  3. Potensiometer tiga terminal alat ini dapat digunakan sebagai variabel resistor dua terminal dengan tidak menghubungkan ke terminal ketiga. Praktek ini umum untuk menghubungkan terminal wiper ke ujung yang tidak terpakai dari trek perlawanan untuk mengurangi jumlah variasi resistensi yang disebabkan oleh kotoran di trek.
  4. potensiometer membran, dalam potensiometer membran ini menggunakan membran konduktif yang cacat dengan elemen geser ke kontak resistor pembagi tegangan. Linearitas dapat berkisar dari 0,5% sampai 5% tergantung pada desain, material dan proses manufaktur. Keakuratannya biasanya antara 0.1mm dan 1.0mm dengan resolusi secara teoritis tak terbatas. Kehidupan pelayanan jenis potensiometer biasanya 1-2000000 siklus tergantung pada bahan yang digunakan selama manufaktur dan metode aktuasi; contact dan contactless (magnetik) metode yang tersedia. Banyak variasi bahan yang berbeda tersedia seperti PET (foil), FR4, dan Kapton. manuafacturers potensiometer Membran menawarkan variasi linier, berputar, dan aplikasi-spesifik. Versi linear dapat berkisar dari 9mm untuk 1000mm panjang dan versi putar berkisar dari 0 ° sampai 360 ° (multi-turn), dengan masing-masing memiliki ketinggian 0.5mm. Membran potensiometer dapat digunakan untuk posisi penginderaan.
  5. Potensiometer digital pada komponen elektronik ini merupakan alat yang meniru fungsi potensiometer analog. Melalui sinyal input digital, perlawanan antara dua terminal dapat disesuaikan, seperti dalam sebuah potensiometer analog. 
4. Jelaskan secara singkat cara kerja potensiometer.
jawab:
satu terminal dari potensiometer terhubung dengan sebuah power source. Terminal lainnya tertanam di tanah, sementara itu terminal yang ketiga beroperasi pada sebuah strip dari materi yang menghambat. Strip ini secara umum memiliki sebuah resistance yang rendah, resitance ini meningkat ke sebuah maximum resistance. Terminal ketiga tersedia sebagai koneksi antara power source dan tanah, dan biasanya di interface kepada user. User dapat menentukan posisi dari terminal ketiga bersama dengan strip untuk dapat meningkatkan atau mengurangi resistance secara manual. Dengan mengontrol resistance, sebuah potensiometer dapat menentukan berapa banyak arus yang melalui sebuah sirkuit. Ketika digunakan untuk meregulasi, potensiometer dibatasi oleh strip maximum.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

.

© trienani